·
sahabat, hari ini saya mau sharing tentang bagaimana membuat rencana
promosi/pemasaran. Sudah lazim diketahui bahwa nasib bisnismu juga
akan tergantung pada bagaimana kamu membentuk rencana promosi dan
strategi pemasaran.
Berikut tips dari WMM:
Berikut tips dari WMM:
- Tetapkan tujuan. Tujuan strategi rencana pemasaran adalah untuk menentukan kemana dan bagaimana arah bisnismu nanti.
- Definisikan visi bisnismu. Ini adalah tentang 'apa' bukan 'mengapa' atau 'bagaimana'. Proyeksikan bisnismu 5 tahun ke depan se detil mungkin.
- Kemudian tentukan misi. Ini adalah tentang 'mengapa' alasan bisnismu akan tetap hidup. Tujuan bisnismu.
- Nah sekarang, tentukan target audiens bisnismu. Bagaimana penyebaran demografinya juga harus kamu tentukan. Mulai dari usia, daerah, hingga ke personal interest.
- Setelah mengetahui target audiensmu, baru kamu dapat menentukan strategi pemasaran. Alokasikan strategimu dengan tepat dan sesuai sasaran.
- Ini juga tentang bagaimana kamu merencanakan distribusi produk serta harga produkmu. Ingat, semuanya harus sejalan.
- Lakukan riset pasar, awasi riset tersebut, serta buatlah rencana anggaran promosimu dengan sedetail mungkin.
- Kembali
lakukan monitoring berjangka dan selalu lihat kembali anggaran
promosi untuk bisnismu agar semuanya dapat selalu disesuaikan.
by Wirausaha Muda Mandiri on Friday, 1 February 2013