1/22/2013

Perencanaan Supervisor




1)Kesimpulan dari materi perencanaan supervisor.
seorang supervisor harus mengetahui  kemampuan serta  pengabdian karyawan terhadap perusahaan. Hal tersebut diperlukan agar supervisor lebih mudah untuk memberikan  tugas yang sesuai bagi karyawan.jika pemberian tugas tepat sasaran pada ahlinya maka akan mempercepat tercapainya rencana yang akan  dikerjakan. Selain harus mengetahui kemapuan karyawan,seorang supervisor  juga dituntut untuk mampu membuat perencanaan yang baik. Setiap perusahaan pasti memiliki target,untuk mencapai taget yang diinginkan perusahaan diperlukan perencanaan yang sangat tepat dan juga terperinci.
Perencanaan seorang supervisor  meliputi berbagai unsur-unsur yang sangat penting, diantaranya adalah: mengetahui apa yang diinginkan konsumen, setelah mengerti apa yang dibutuhkan konsumen maka   supervisor harus maencari tahu bagaimana untuk memenuhi kebutuhan konsumen.penentuan standar kualitas dalam perencanaan dibutuhkan untuk  menentukan hasil yang akan diperoleh.
Pengelolaan waktu yang tepat dalam perencanaan,menjadi hal yang penting karena dengan perencanaan waktu yang tepat maka kecil kemungkinan untuk mengeluarkan biaya tambahan dalam perencanaan. Pengeluaran biaya dalam sebuah perencanaan harus diperhitungkan dengan sangat detail,jangan sampai anggaran biaya dalam perencanaan terbuang  tanpa ada manfaatnya.
2 )alasan Supervisor harus membuat perencanaan dalam melakukan aktivitas perusahaan  sebagai bentuk pertanggunng jawaban kepada pihak manajemen. Karena dalam sebuah perencanaan terdapat tujuan yang ingin diperoleh supervisor untuk kemajuan perusahaan baik dalam segi pemasukan perusahaan,peningkatan kualitas pelayanan dan juga peningkatan kualitas SDM.Dalam sebuah perencanaan juga terdapat kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Supervisor membutuhkan kerja sama dengan departemen lain yang lebih berkompeten.dengan adanya perencanaan maka supervisor dan perusahaan akan tahu siapa saja yang akan ikut bekerja sama.pendanaan dalam setiap kegiatan akan terpantau dengan jelas sehingga kecil kemungkinan untuk dilakukannya tindak korupsi dalam perencanaan tersebut.manajemen dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target,dan juga kualitas seperti apa yang akan tercapai nanti.
3)Ruang lingkup dalam perencanaan meliputi:
supervisor memiliki tanggung jawab untuk menentukan kegiatan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan, dimulai dari penentuan S.O.P  yang sesuai dengan target perusahaan.setelah  menentukan S.O.P,  tahap selanjutnya adalah menginformasikan dan menerapkan S.O.P pada seluruh karyawan. Untuk meningkatkan kerja sama ada baik nya mengadakan kegiatan yang mampu  membangun hal tersebut. Dan untuk memberikan motivasi yang lebih, bisa menerapkan rewarding. Setelah semua kegiatan tersebut dilakukan, evaluasi merupakan salah satu cara untuk mengukur  pencapaian target yang diinginkan. Pengawasan harus dilakukan terus menerus untuk menjamin tercapainya target perusahaan.

4)Faktor-faktor  yang menjadi penyebab perencanaan:
-Dengan  membuat rencana, kita tahu apa yang harus dilakukan
-kita bisa mengukur berapa lama perkiraan waktu untuk memperoleh  tujuan
-mengetahui apa yang kita butuhkan dalam mencapai tujuan
-menghitung seluruh kebutuhan yang diinginkan
-membuat rencana cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan
-sebagai pertanggung jawaban secara tertulis kepada pihak manajemen ataupun pemilik perusahaan.
5.contoh kasus:
Pak deny merupakan seorang  pemilik restoran dia mengharapkan pak dedi untuk mampu meningkatkan  pengunjung harian  dalam waktu 6 bulan.Kemudian pak dedi menawarkan sebuah konsep pelayanan yang baru, selain konsep pelayanan yang baru pak dedi juga membutuhkan media promosi yang baik, Untuk meningkatkan  penjualan. Standar Oprasional Prosedur yang baru pun dibuat dengan baik serta rinci sehingga para karyawan mampu memahami dengan baik. Standar penampilan karyawan juga harus diperhatikan. Karena  citra sebuah perusahaan tercermin dari para karyawannya. Setelah merencanakan konsep pelayanan pak dedi kemudian mengumpulkan karyawannya untuk memberikan informasi serta menerapkan konsep yang baru pada karyawannya.setelah menerapkan konsep tersebut  pak  dedi harus mengevaluasi setiap keputusan yang ia buat.
setelah penerapan selama 1 bulan pak dedi menambahkan rencana yang lain yaitu  menggunakan media promosi yang lain. Untuk meminimalkan pengeluaran untuk promosi  pak dedi bekerja sama oleh beberapa perusahaan, kemudian mereka membuat perjanjian yang dapat saling menguntungkan. Dengan media promosi serta konsep pelayanan yang baik akan semakin menambah datangnya pengunjung harian dari restoran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar